Selasa, 08 November 2016

Blue Screen of Death | Between the Deadline and Deadlaptop

Ngeselin banget emang kalo lagi buru-buru mau ngerjain tugas tiba-tiba ada aja kesialan yang dateng. Ini terjadi sama gue hari ini. Ada tugas softskill yang deadlinenya tinggal beberapa jam lagi. Pas mau ngerjain, pertama mouse tiba-tiba rusak (ngga tiba-tiba sih, emang jarang dipake jadi gue ngga tau kalo dia udah rusak). Oke gapapa, gue masih lumayan lihai pake mousepad. Kesialan kedua adalah, pas lagi searching-searching materi, tiba-tiba layar laptop gue berubah! BLUE EVERYWHERE!!

Ada beberapa deret tulisan di layar laptop gue dengan background warna biru. Setelah itu, seketika laptop mati dan me-restart dirinya sendiri.

            Setelah nyala lagi, gue pun milih pilihan untuk start windows normally. Laptop nyala dengan biasa. Lalu ada message box yang isinya entah gue ngga terlalu baca banget. Cuma gue klik pilihan cancel aja. Tiba-tiba laptop gue bluescreen lagi dan restart lagi. Ngga belajar dari pengalaman, gue melakukan hal yang sebelumnya (dan ngga berhasil). Start windows normally—cancel—mati—restart—nyala—start windows normally--... oke, gue emang rada batu. Sekitar 4 sampe 5 kali siklus itu berlangsung, gue nyerah dan ngambil handphone. Bukan. Gue bukannya mau foto bluescreen nya dan kasih caption terus update sosmed. Gue searching kenapa dan gimana cara ngatasin si bluescreen ini. Jujur gue sama sekali ngga tau gimana cara ngatasin eror ini.

            Jadi ketemu lah gue sama website ini: 
Cara Mengatasi Blue Screen dan Penyebab Blue Screen pada Windows
            Say thanks banget sama postingannya. Gue kebantu banget. Ternyata masalah laptop gue adalah ngga pernah upgrade windows dari awal gue beli laptop. Gue ngga akan nge-copas gimana caranya mengatasi Blue Screen dan Penyebab Blue Screen pada Windows dari web yang gue cantumin, kalian bisa klik dan baca langsung dari artikel diatas.

            Intinya adalah, yang gue lakuin ke laptop gue itu:

1.      Ubah Setting-an automatically restart menjadi tidak (centang nya diilangin)
2.      Cek update-an windows dan update (internet connection needed)
3.      Tunggu loading update latest windows selesai
4.      Restart PC

Setelah nyala dengan biasa lagi (tanpa ada pesan seperti sebelumnya), windows nawarin untuk pindah ke versi 10 (gue pake Windows 7 btw) dan nawarin trip untuk uji coba windows 10. Gue pilih untuk ngga (karna gue harus cepetan bikin tugas). Daaann deng deng deng Laptop gue kembali seperti sedia kala.


Pesan gue sih ya, kalo ada update windows ngga ada salahnya di update aja. Soalnya gue baca sih bluescreen itu katanya bukan dari hardware atau software yang terinstal di driver biasa. Penyebab Blue Screen disebabkan oleh masalah hardware atau software dengan tingkat rendah yang berjalan di kernel Windows.

Anyway, here is from uncle Wikipedia a little about BSOD (Blue Screen Of Death):
Blue screen of death (BSOD, Bahasa Inggris: Layar Biru Kematian), atau kadang disebut "layar biru" (bluescreen) saja adalah istilah populer untuk layar yang ditampilkan Microsoft Windows ketika mengalami kesalahan sistem (atau disebut stop error oleh Microsoft). BSOD milik Windows NT, 2000, XP, Vista, 7, maupun Windows 8 biasanya lebih serius daripada Windows sebelumnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya BSOD ini. Di antaranya driver peralatan yang tidak bagus, kesalahan memori, registry yang rusak atau penggunaan file DLL yang tidak cocok. Berbagai bentuk BSOD terdapat pada seluruh sistem operasi Windows sejak Windows 3.1. BSOD merupakan pengganti black screen of death (layar hitam kematian) yang muncul pada OS/2 dan MS-DOS.[1] Dalam versi awal dari Windows Vista juga terdapat red screen of death atau layar merah kematian, yang digunakan pada kesalahan boot loader.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manusia dan Harapan | Tugas 13 Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar

MANUSIA DAN HARAPAN 1. Pengertian Harapan Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu terjadi, se...