Kamis, 19 Januari 2017

Pengalaman Menyusun PI (Penulisan Ilmiah) Gundar | Suka Duka menjadi anak Semester 5

Awalnya agak shock pas tau Gundar itu mengharuskan mahasiswanya bikin PI (Penulisan Ilmiah). Tapi pas semester 5 dimulai dan kelas dibagi menjadi 2 pembimbing, kita malah tambah bingung sama PI. Cara bimbingan yang dilakuin sama kedua dosen itu gayanya beda-beda. Dan some of us didn't get all of what they said!

Gue mau ceritain pengalaman gue waktu nyusun PI di semester 5 gue kuliah di Universitas Gunadarma.

Apa kata orang??

Gue ini seorang mahasiswa sekaligus karyawan swasta, jadi ada beberapa temen kantor yang udah lulus kuliah dan ngga kenal sama sekali sama sistem penulisan PI ini. Kampus dimana mereka kuliah pun ngga ada yang namanya PI. Jadi gue harus beberapa kali menjelaskan apa yang dimaksud dengan PI. Singkatnya gue bilang sama mereka PI itu sejenis skripsi dengan variabel penelitian yang lebih sederhana dan susunan yang mirip seperti makalah tapi lebih kompleks. Intinya PI ini ada diantara Makalah dan Skripsi.

Memulai PI?
Gue takut banget waktu bimbingan PI udah mulai. Gue sama sekali kosong dan ngga tau apa-apa soal penulisan ilmiah. Yang gue tau ya bikin tulisan ngoceh-ngoceh di blog doang. Dengan diksi dan bahasa yang suka-suka gue. Tapi di PI ternyata ngga cuma nulis kata-kata aja. Ada step-step yang mesti kita lewatin dan ngga bisa lompat-lompat step. Untungnya temen-temen gue baik dan walaupun mereka ngga lebih tau (atau bisa dibilang sama-sama ngga tau) kita bisa dibilang saling membantu.

BAB 1
Subbab di Bab ini yang menurut gue paling ribet. Karena disini kita bener-bener harus tau latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan metode penelitian tentang objek yang akan kita angkat ke penulisan nanti. Trouble-nya adalah, gue saat itu belum tau mau ngangkat objek apa. Gue ngga mau ngambil objek kantor gue karena gue belom terlalu tau betul apa yang mau dikorek dari sana. Akhirnya pada pertemuan pertama bimbingan PI, dospem (dosen pembimbing) gue menyarankan untuk mencari jurnal untuk bahan referensi. Lalu jatuhlah pilihan gue pada. "Yosh! Gue akan bikin tentang Bank Syariah."


BAB 2
Disini gue mulai terbiasa dan merasa 'ah ini gampang. Tinggal copas dari punya kakak kelas'
Tapi guys, asal lo tau. Copas itu ngga boleh, tapi gue ngelakuin *plaaak*
Kalo lo ngopas, kemungkinan besar lo males baca. Dan itu bencana banget buat ke depannya. Lo jadi ngga tau asal muasal tulisan lo dan kemungkinan kesusahan buat ngelanjut ke bab-bab yang lain. Tapi ada cara copas yang aman menurut gue. 
*Pertama lo cari bahan yang mau lo copas. Bisa dari buku, penelitian terdahulu, jurnal atau sakarep mu lah yang pasti jangan ambil dari opini orang lain seperti blogspot/wordpress karena sumbernya belum tentu valid.
*Kedua, KETIK ULANG. Inget, membaca bisa bikin lo seengganya engeh sama tulisan lo. Makanya jangan harap buat cuma mindahin tulisan orang dan mengklaim itu karya lo.
*Ketiga lo baca ulang yang lo ketik tadi. Pastiin kalo semua yang lo contek itu ejaannya bener. Jangan ada kata yang disingkat (Kecuali emang singkatan) Jangan sampe ada typo se-kata-pun!


BAB 3
Inilah bab perusak suasana. Yah itu menurut gue sih. Jadi kan kita udah mulai hangat nih ya. Kesan penelitiannya udah mulai ketara dan gue jadi males ngerjain. Selama hampir 3 minggu gue ngebiarin PI gue gitu aja di bab 3. Dan gue nyesel banget sampai saat gue nulis ini gue masih nyesel kenapa menelantarkan PI gue di Bab 3 yang sebetulnya adalah inti dari penelitian. Jadi disini kita nentuin metode apa yang mau dipake, cara ngumpulin data, tentuin variabel dan bikin kerangka penulisannya. Ini yang bikin gue males. Karena agak susah kalo kita ngikutin sumber yang udah ada. Pasti ada beberapa part yang 'punya kita banget' sehingga kita beneran harus menggunakan otak kita untuk nyelesain bab 3. As far, gue seneng banget banget pas berhasil ngelewatin bab 3.


Kuesioner
Kebetulan judul PI gue dan tema nya juga mengandung unsur kuesioner *alaah*. Ya mau ngga mau gue harus bikin. Dan ini dibikin barengan sama nyusun bab 3. Gue pun menelantarkan kuesioner seperti gue menelantarkan bab 3 gue.
Gue baru berhasil menyelesaikan kuesioner gue setelah dapet suntikan semangat dari Nura yang udah selesai kuesionernya. Dan rasa 'ngga mau kalah' gue muncul tiba-tiba. Hahaha. The Power of Gengsi! (kadang ada bagusnya sih).


Sebar Kuesioner
Gue print 25 eksemplar kuesioner gue dan dengan pede-nya menuju ke Bank yang gue tuju. Sampe di bank gue pun menyampaikan niat gue ke Pak Security. Tapi BUM! dia bilang kalo mau nyebar kuesioner dan minta data penelitian harus minta surat izin ke kantor pusat dulu. Saat itu emang sih gue masih bisa menanggapi dengan santai. Tapi perut gue berasa mencelos. Penyesalan yang selanjutnya pun gue rasakan. Kenapa ngga gue urus perizinan itu dari awal? Gue emang sadar kalo gue minta data di bank itu mesti izin sana sini. Tapi gue ngga pernah gerak untuk ngurusinnya. Gue pikir dengan dateng di hari H aja udah cukup. Ternyata engga guys! IT'S A BIG NO! DON'T DO AS I DID.


Urus Perizinan
Besoknya setelah gue gagal langsung nyebar kuesioner di kantor cabang bank yang gue maksud gue pun menelpon kantor pusat bank itu dan tanya-tanya. Ada beberapa persyaratan yang mesti dibawa untuk bisa dapetin data penelitian. Proposal (bab 1 penelitian kita), contoh kuesioner, dan surat keterangan dari pihak kampus. And guess whaatt, prosesnya itu sekitar seminggu. Lagi dan lagi gue melakukan penyesalan yang sama. Itu baru proses pertimbangan perizinan dari bank loh ya. Belum lagi proses bikin surat keterangan dari kampus nya yang gue ngga tau berapa lama.

Surat keterangan kampus yang gue maksud ini di pilihan Surat Keterangan di Studentsite namanya Surat Keterangan Memperoleh Data Penulisan Ilmiah. Cara bikinnya secara online dengan mengisi form di Studentsite dan nanti kita ambil deh di BAAK pas suratnya udah jadi. Karena masih jam kerja, gue pun minta tolong Nura untuk ke BAAK nanyain Surket gue. Yang katanya baru jadi dalam waktu seminggu (7 hari). Rasanya gue pengen guling-guling di tanah coba. Deadline udah tinggal 3 minggu lagi dan gue belom dapet data yang mau gue olah di Bab 4 dan 5. Tapi seperti yang gue bilang, ini adalah penyesalan gue yang lain dan yang paling fatal.

Surat keterangan dari kampus bener-bener diproses dalam waktu 7 hari. Saat itu gue minta Nura untuk ngambilin surat tersebut. Besoknya gue pun melengkapi syarat yang diperlukan dan langsung cus ke kantor pusat bank yang gue tuju. Disana gue ketemu sama orang yang sama dengan yang di telpon. Setelah ngasih berkas yang dibutuhin, gue pun dipersilakan pulang dan menunggu jawabannya paling lama tujuh hari kerja. Gue agak khawatir takut ngga kekejar deadline nya. Karena ngebayangin gue baru akan bisa mulai ngumpulin data kuesioner tujuh hari lagi.

Tapi akhirnya pada hari Jumat (sehari setelah gue ngasih berkas ke Bank pusat) gue pun di telpon nomer asing. Awalnya gue ga mau jawab karena gue emang agak gimana gitu kalo ada nomer asing yang nelpon. Tapi akhirnya gue jawab dan bicara sesopan mungkin. And here is the next happiness, ternyata yang nelpon itu dari pihak bank (Whoaa Jumat Barokah) dan katanya gue udah bisa mulai nyebar kuesioner pada hari Selasa. Duuh Senangnya. Ternyata perkiraan gue jadi maju dan gue punya lebih banyak waktu dan kesempatan.


Kuesioner (part. 2)
Gue dateng ke bank yang gue tuju di hari yang sudah ditentukan. Awalnya gue pikir gue akan mulai nyebar kuesioner hari itu juga. Tapi ternyata gue agak keliru. Disana kuesioner gue dinilai dulu sama supervisor cabangnya dan ternyata ngga lulus *oh sayang sekali*. Ada beberapa indikator yang ngga tepat dan dirasa akan sulit sekali didapatkan datanya kalau gue masukkan ke pertanyaan. Akhirnya gue pun harus merevisi dan sekaligus menyusun ulang kuesioner yang sudah gue perbanyak menjadi 75 eksemplar.

Gue buru-buru revisi indikator variabel yang dirasa kurang tepat menurut sang supervisor. Lalu sebelum jam buka bank habis, gue pun langsung meluncur kesana untuk meminta koreksi. Akhirnya dia bilang yes dan gue pulang dengan setumpuk PR untuk merevisi 75 eksemplar kopi kuesioner yang udah jadi dan rapi. Harus banget dibongkar lagi dan itu memakan waktu yang lama.


Sebar Kuesioner (part. 2)
Besoknya gue sudah mempersiapkan diri bersama 75 eksemplar kuesioner di tangan dan izin keluar dari kantor. Jarak bank dengan kantor gue emang ngga jauh. Tapi waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan 100 responden itu tidak sebentar. Di hari pertama gue pun udah bete. Karena gue dan para staf bank itu masih dingin banget. Ada beberapa kali perilaku gue yang bikin mereka rada kesel juga. Tapi gue tahan itu semua. Gue harus bisa kuatin mental gue. Apalagi setelah ketemu dan ngobrol sama beberapa responden yang tingkat pendidikannya udah jauh banget di atas gue.

Dari 100 responden yang gue temuin. Ada banyak dari mereka yang S3 alumni Universitas Negeri ternama dan berprofesi sebagai dosen. Mulai dari pertanyaan "Kamu semester berapa?" sampai dengan pernyataan "Aduh, kalo saya dosen pembimbing kamu, kuesioner kamu ini saya coret-coret loh. Pertanyaannya kurang menggigit." Dan yang bisa gue lakuin cuma senyum sambil bilang 'iya dan oh' berkali-kali. Gue ngga mau terpancing amarah mereka.

Tapi selain kuesioner, gue bersyukur banget mereka ngga komplain yang macem-macem ke gue. Jadi gue menghabiskan waktu 3 hari sampai target pengumpulan data kuesioner gue terpenuhi. *clap-clap*


BAB 4 dan BAB 5
Selesai mengumpulkan data kuesioner itu bertepatan dengan hari Jumat. Gue lumayan cukup pinter untuk input data tabulasi setiap hari selama proses sebar kuesioner. Jadi pas hari Jumat sore data tabulasi gue sudah siap untuk ke proses selanjutnya yaitu pengolahan dengan menggunakan software SPSS.

Jumat malemnya gue begadang (kalo ngga salah sampe jam 4) dan gue sudah mendapatkan result untuk uji instrumen data (uji validitas dan uji reliabilitas) dan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi). Gue terpaksa untuk menyudahi Bab 4 gue disitu karena hari Sabtu nya gue ada kelas dari jam pertama (07.30). Gue pun tidur dan berencana untuk melanjutkan ngerjain Bab 4 gue Sabtu malem nya.

Karena ada praktikum, gue baru pulang kuliah sekitar jam setengah sembilan malem (derita anak kelas malem harus praktikum ngantuk-ngantukan).

Sampe rumah gue pun nyiapin kopi dan setel berbagai macam lagu. Mulai dari album sountrack Kimi no Na Wa, album baru Ambitions-nya One Ok Rock, lagu EDM-EDM, hits-nya Paramore, dan lagu-lagu dari band seperti Linkin Park, Sleeping With Siren, SUM 41, Pierce The Veil, dan masih banyak lagi. Makin larut gue pun makin menggila sampai mama gue tiba-tiba buka pintu kamar dan nemuin anak bontotnya masih melek sekitar jam 3 subuh. Tapi semua itu terbayarkan guys, pada malam itu pun Bab 4 dan Bab 5 gue selesai. 


Embel-embel
Embel-embel yang gue maksud disini adalah daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar pustaka lampiran-lampiran dan abstrak (kata pengantar dan cover harusnya masuk list, tapi gue udah bikin pas ngerjain Bab 1)Hari minggunya gue ngga bisa megang PI sama sekali karena harus mengerjakan pekerjaan rumah dan menjaga bayi (keponakan gue). Jadi embel-embel PI yang lain baru bisa gue kerjain di minggu malam nya. Malam itu gue pun begadang lagi dan ngga tidur sama sekali sampai fajar menyingsing dan tiba waktu nya untuk masuk kerja.

Skip ke pulang kerja gue langsung kembali finishing akhir PI gue sebelum malam nya gue beli tinta printer dan mulai mencetak hasil akhir penulisan gue. Karena gue ngerjain PI dari jam 11 malam dan masih terjaga (belum tidur) sampai jam 11 malam pula akhirnya gue pun ketiduran pas lagi nge print dan baru menyusun semuanya pagi hari nya.


Deadline
Hari selasa, 3 hari sebelum batas akhir acc dosen pembimbing. Gue pun janjian sama dosen gue untuk bertemu dan syukur-syukur di acc langsung. Gue izin keluar kantor (lagi) dan nyamperin sang dosen. Setelah diperiksa, akhirnya daftar pustaka gue pun salah dan banyak banget yang kurang. Dosen gue bilang sih harusnya gue bisa di acc hari itu. Tapi karena daftar pustaka nya salah akhirnya gue pun harus balik lagi lain hari. Tapi kemudian dia pun nyuruh gue untuk fotocopy form acc. Katanya sih biar nanti kalo ketemu lagi bisa langsung diisi dan di acc sama dia. Tapi pas gue balik lagi ke dia untuk ngembaliin form milik dia, dia pun nyuruh gue untuk mengisi form tersebut dan katanya dia akan acc PI gue saat itu!! Aaaahh~ nikmat mana lagi yang kau dustakan..

Gue pulang dengan cengiran lebar dan jadi pengen cepet-cepet revisi daftar pustaka. Daftar sidang dan move dari SKS PI. Tapi apa daya, kalo udah ada di posisi aman emang harus nunggu deadline lagi baru ada niat untuk nyelesain.

Pesan gue, semoga kalian para pejuang PI yang lain bisa belajar dari berbagai macam kesalahan dan penyesalan yang gue perbuat selama semester 5 ini menyusun PI. Jangan sampe kalian mengalami hal yang sama seperti gue. Gue akuin gue bisa menyelesaikan PI tepat waktu karena faktor 10% keberuntungan, 25% doa ibu dan 65% begadang. Hihihi.

Oya meskipun gue belum pernah bikin skripsi, gue ngerasa kalo nanti gue bikin skripsi akan terasa lebih gampang karena udah terlatih di PI. Seengganya kita ngga terlalu 'kosong' banget pas nyusun skripsi nanti. Kita udah paham dasar-dasarnya di PI. And this is a good point tho



PS:
Tujuan gue bikin post ini bukannya mau ngeluh atau ngejelekin kampus or pihak lainnya. Gue cuma mau sharing sama adik kelas gue nanti kalo dia butuh suntikan semangat atau pencerahan. Sekedar tau aja, sebelum mulai ngerjain PI (bahkan dari tingkat 1) gue browsing buat nyari pengalaman dari mahasiswa Gundar terdahulu tentang bagaimana PI mereka (dan gue ngga nemuin, kebanyakan dari mereka justru share PI mereka atau menuliskan pedoman dan susunan PI). Makanya gue buat post ini. Thanks buat semua pihak yang udah membantu gue dalam penyusunan PI gue. Thanks juga buat yang udah mampir ke blog ini dan maaf kalau kata-kata gue ada yang salah penempatannya atau topik bahasan yang OOT. Dan btw PS ini udah kepanjangan, maaf juga *peace*. Have a nice day and God Bless your PI!!

18 komentar:

  1. ka mau aku mau bimbingan sama kaka dong ka tentang pi ,dan curhatan kaka ini pas banget sama yng aku rasain sekarang, boleh aku minta kontak kaka gak ???
    mohon dibaca dan dibales yah ka postingan komentar ini, aku berharap banget kaka bisa bales komen ini ka
    makasih ka... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya udah mampir :)
      Boleh tinggalin alamat email mu ya, nanti ku email back!
      Aku coba bantu sebisaku 👌☺️

      Hapus
    2. btw kalo boleh tau pinya tentang apa ya ka? sampe bener2 ke bank trs izin segala macemnya buat nyebar keusioner

      Hapus
    3. Aku buat PI tentang kepuasan pelanggan (nasabah).

      Hapus
    4. Kren banget KK ceritanya sekalian mauntanya tanya dong kak mengenai PI karna sayakan sekarang masuk di semester 5juga kak

      Hapus
    5. Halo! Makasih ya udah mampir :)
      Boleh tinggalin alamat email mu ya, nanti ku email back!
      Aku coba bantu sebisaku 👌☺️

      Hapus
  2. Kk saya mau tau tentang Pi lebih lanjut dikakw007@gmail.com

    BalasHapus
  3. Kak saya boleh nanya tentang pi, dikarenakan saya udah smt5 bingung harus dimulai dari mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo! Makasih ya sudah mampir :)
      Boleh tinggalin alamat email mu ya, nanti ku email back!
      Aku coba bantu sebisaku 👌☺️

      Hapus
  4. ka, aku sama sekali gaada basic bikin pi. bingung banget mulainya gimana, judul aja aku masih bingung mau pake yg mana, karena aku ada 2 pilihan. boleh aku tanya2 lebih lanjut mengenai pi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo! Makasih ya sudah mampir :)
      Boleh tinggalin alamat email mu ya, nanti ku email back!
      Aku coba bantu sebisaku 👌☺️

      Hapus
    2. Makasih banyak ka sebelumnyaa, oh iya ini emailku artarawiraa@gmail.com

      Hapus
  5. bulan ini masuk semst 5 tapi masih belom ada gambaran nih buat PI :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo! Makasih ya sudah mampir :)
      Saranku sih coba cek PI kating terdahulu sesuai jurusan kamu untuk nambah referensi. Setelah itu baru mulai cari jurnal yang sesuai dengan tema yang kamu mau.

      Hapus
  6. Kak boleh tidakk nanya2 tentang pi ini email aku cameliafitrianti92@gmail.com

    BalasHapus
  7. halo kak aku boleh tanya2 tentang PI ga kak? terutama pas pengolahan data spssnya kak. email : miftaahuljnnh26@gmail.com

    BalasHapus
  8. Hallo kak aku boleh tanya" tentang PI gk kak? Ini email saya kak
    Email : trinaditogatorop@gmail.com

    BalasHapus
  9. Hallo kak bolehhhh ga kak aku tanya² seputar Pi? Ini email aku ya ka: pia9anggraini@gmail.com

    BalasHapus

Manusia dan Harapan | Tugas 13 Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar

MANUSIA DAN HARAPAN 1. Pengertian Harapan Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu terjadi, se...