Rabu, 28 Desember 2016

Tenaga Kerja Asing (TKA) di INDO?? Harus bagaimana kita menanggapinya?

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengungkap jumlah tenaga kerja asing Indonesia yang tercatat sebanyak 74.183 orang pada 2016. Menurut Hanif, jumlah tersebut bukan yang tertinggi dalam catatan sejarah mengingat pada 2011 jumlah tenaga kerja asing pernah mencapai 77.307 orang.

"Jumlah rata-rata nasional tenaga kerja asing kita itu 70 ribuan setiap tahun," ujarnya, saat dihubungi Republika, Selasa (27/12).

Hanif memastikan bahwa pemerintah melakukan pengendalian terhadap jumlah tenaga kerja asing. Ini demi memastikan bahwa tenaga kerja lokal terserap oleh industri di negerinya sendiri.

Bagi mahasiswa yang nantinya akan turun langsung ke dunia kerja, adanya TKA menjadi tantangan tersendiri. Kita harus siap bersaing dengan TKA untuk dapat memperoleh pekerjaan yang kita inginkan. Jangan sampai kalah pada persaingan. Maka pendidikan dan pengalaman sangat diperlukan agar Tenaga Kerja Indonesia tidak kalah dalam persaingan di negara sendiri.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta masyarakat untuk tak memercayai isu yang menyebut masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia sebagai ancaman serius. Hal itu ia sampaikan usai meresmikan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas (PLTP) Lahendong dan Ulubelu di Minahasa, Sulawesi Utara, Selasa (27/12). "Jangan ada yang percaya, apalagi menyebar fitnah, soal tenaga kerja dan investasi yang dibilang sebagai ancaman," kata Presiden.

Perdebatan di masyarakat soal jumlah tenaga kerja asing, terutama asal Cina, yang masuk ke Indonesia terus terjadi. Sebagian mengatakan jumlah mereka mencapai 10 juta orang tapi angka ini dibantah oleh Direktur Jenderal Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Kementerian Ketenagakerjaan, Hery Sudarmanto.

"Di kita, tenaga kerja asing yang terdaftar di Kemenaker, khusus dari Cina ada 21.271, mereka adalah yang mengajukan perizinannya. Dari sidak di lapangan, kalau 10 juta itu, katakan sekarang melalui data orang (asing dari Cina) yang masuk ke Indonesia tidak sebanyak itu. Sekarang begini saja, dari pariwisata yang masuk tahun ini, ada nggak 10 juta?" kata Hery.


Terkait jumlah tenaga kerja asing asal Cina yang masuk ke Indonesia, Komisi III DPR rencanananya akan memanggil Dirjen Imigrasi usai masa reses, yaitu pada 2017 nanti.

Dalam menghadapi persaingan yang makin ketat, kita harus mulai sadar untuk mengembangkan potensi diri yang ada pada kita masing-masing. Membiasakan bersikap jujur dalam melakukan pekerjaan juga menjadi nilai tambah tersendiri yang akan membuat kita sukses dalam mencari pekerjaan dan bersaing.

Juga, mulailah pandai memilah dan memilih informasi. Stop sebar hoax yang bisa memecah belah bangsa. Jumlah 10juta tenaga kerja asing dari Cina itu ngga benar. Pemerintah menargetkan turis nya yang 10 juta. Bukan tenaga kerja nya.

Source:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manusia dan Harapan | Tugas 13 Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar

MANUSIA DAN HARAPAN 1. Pengertian Harapan Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu terjadi, se...